Thursday, April 2, 2015

PETA PROSES PEMBUATAN SELEMBAYUNG

PEMBUATAN SELEMBAYUNG

 
Adapun bahan yang digunakan dalam pembuatan selembayung ini adalah sebagai berikut :
a.    Kayu yang telah dijadikan papan
b.    QRC
2.3     Proses Pembuatan Selembayung
    Urutan proses dalam pembuatan selembayung adalah sebagai berikut:
a.    Pengeringan kayu, pengeringan ini dilakukan dengan memanfaatkan terik matahari. Pengeringan ini biasanya membutuhkan waktu setengah hari, tapi kalau cuaca tidak terlalu panas maka akan memakan waktu ½ hari.
b.    Sementara kayu di keringkan, dilakukan pembuatan atau pelukisan pola(motif). Pola ini dibuat atau di lukis di karton manila. Pola dibuat sesuai dengan permintaan pemesan. Pembuatan pola ini bisa memakan waktu sekitar 30 menit
c.    Setelah pola di lukis maka pola di potong dengan menggunakan gunting. Proses ini dapat memakan waktu 30 menit, karena membutuhkan ketelitian agar pola tidak salah potong.
d.    Proses selanjutnya adalah pemotongan kayu. Kayu yang telah dikeringkan tadi dipotong sesuai dengan ukuran yang dipesan pelanggan. Dalam proses ini digunakan mesin pemotong kayu, sudah tidak menggunakan gergaji lagi. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 15 menit.
e.    Setelah kayu dipotong maka dilakukan pemotongan dan pengukiran kayu sesuai dengan pola yang telah dibuat. Proses ini memakan waktu cukup lama, yaitu 1 jam. Karena dalam pengukiran harus dilakukan secara teliti agar ukiran bersih dan bagus.
f.    Setelah pengukiran selesai dilakukanlah pengamplasan. Pengamplasan dilakukan agar permukaan kayu dan ukiran pada kayu menjadi sama rata. Proses ini juga memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 1 jam. Hal ini disebabkan karena ada bagian-bagian ukiran yang cukup sulit untuk diamplas.
g.    Setelah itu dilakukan pemeriksaan, apakah permukaan kayu sudah sama rata atau belum. Proses di lakukan agar pada saat pengecatan semua permukaan papan terlihat datal dan licin. Biasanya memakan waktu sekitar 15 menit.
h.    Setelah itu dilakukan pengecatan, pengecatan biasanya menggunakan cat warna kuning dan merah. Proses ini dilakukan sekitar 30 menit.
i.    Setelah pengecatan selesai, selembayung di keringkan dan diletakkan di tempat meletakkan contoh selembayung. Biasanya peletakan ini berada di depan toko.




EmoticonEmoticon