SpectraCAD
1
Menggambar
Objek
SpectraCAD adalah sebuah perangkat lunak yang
digunakan untuk mendesain
atau menggambar suatu objek. Gambar yang dapat didesain melalui spectraCAD ini bisa berbentuk garis, segitiga, segiempat, lingkaran ataupun
yang lainnya. Pada praktikum spectraCAD
yang telah
dijalankan ini,
praktikan mendesain objek dalam berbagai bentuk sehingga dapat membuat gambar angka-angka yang telah ditentukan.
Pada BAB ini akan dijelaskan
bagaimana cara mendesain atau menggambar objek berbentuk angka-angka yang diambil dari nomor kelompok praktikan yaitu
0,
4 dan 8 dari (048). Dalam menggambar objek yang berbentuk angka-angka di spectraCAD
tersebut,
ada beberapa tahapan diantaranya
ialah:
1.
Menggambar
persegi atau kolom, untuk meletakkan angka yang berukuran
tertentu dengan koordinat X, Y dan Z,
2.
Menggambar
garis pinggir atau garis tepi,
3.
Menggambar
angka 0,
4.
Menggambar
angka 4,
5.
Menggambar
angka 8 dan terakhir
6.
Menyimpan
file.
Angka-angka yang digambar dengan menggunakan
aplikasi spectraCAD tersebut yaitu angka 048 memiliki ukuran kolom X=90, Y=50 dan Z=15.
Angka 0, 4, dan 8 yang digambarkan menggunakan spectraCAD ialah sebagai berikut:
Gambar 3.1 Angka 0, 4, 8
2 Menggambar Persegi atau Kolom
Sebelum
menggambarkan sebuah objek, langkah
awal yang harus dilakukan ialah menggambar persegi atau kolom. Persegi atau
kolom ini sebagai tempat melekatnya objek yang akan dibuat atau kolom tempat dari sebuah material.
Langkah-langkah dalam menggambar persegi atau kolom ialah
sebagai berikut:
Klik star, lalu buka program atau software spectraCAD
1.
Klik
engraving dan pilih units
2.
Pada
units, arahkan kursor ke millimeters dan klik.
3 Units digunakan untuk menentukan satuan apa yang ingin digunakan untuk
menggambar objek. Cara menentukan satuan yang ingin digunakan ialah seperti
gambar berikut:
4.
Pilih
engraving kembali dan klik engraving setup, sebagaimana digambarkan
sebagai berikut:
Pada subtoolbar dari engraving setup akan muncul di layar
monitor yaitu edit material, tool
library, post processor, stock size, files dan security. Pada subtoolbar ini pilih stock size. Stock size digunakan untuk menentukan besar atau ukuran objek. Stock size memiliki sumbu X, Y, dan Z untuk
masing-masing ukurannya, X untuk lebar, Y untuk tinggi dan Z untuk ketebalan. Stock size pada engraving setup digambarkan sebagai berikut:
5.
input nilai X Dim, Y Dim dan Z Dim dimensions merupakan nilai atau ukuran objek dari titik origin. isi kotak dimensions dengan X Dim=90, Y Dim=50 dan Z Dim=15 yang artinya panah material 90
mm, lebar material 50 mm, dan tinggi material 15 mm. input
nilai X, Y dan Z di origin yang merupakan titik pusat dari suatu objek.
isi kotak origin dengan X=0, Y=0 dan Z=0. Seperti gambar
dibawah ini:
Setelah itu akan muncul pada layar monitor sebagai berikut:
3.3
Menggambar Garis Tepi
Pada objek yang akan
digambar perlu dibuat garis tepi untuk memberikan nilai estetika
dalam pendesainan objek. Menggambar garis tepi pada pendesainan angka-angka 0, 4 dan 8 ialah sebagai berikut:
1.
Klik
draw dan pilih rectangle, sebagaimana digambarkan sebagai berikut:
2.
Klik
type dan isi kotak dialog enter point dengan koordinat garis tepi
yang ingin dibuat. Pada kotak dialog enter
point isi X=5 dan Y=5 dari type
absolute.
Sebagaimana ditunjukkan pada gambar sebagai berikut:
Setelah mengisi kotak dialog tersebut maka akan tampil gambar sebagai
berikut:
3.
ype
dan isi lebar ataKlik tu width dan tinggi atau height dengan nilai 80 dan 40,
width
merupakan lebar kolom sedangkan height
merupakan tinggi kolom,
lalu klik OK.
Setelah klik OK maka akan tampil sebagai berikut:
4. Pilih
modify dan klik fillet. Fillet digunakan untuk membuat
lengkungan pada sudut-sudut persegi yang dibuat, supaya lebih memperindah gambar
5.
Tekan angka 2 pada keyboard untuk menentukan dialog radius dan klik OK.
Sebagaimana ditunjukkan sebagai berikut:
EmoticonEmoticon